WhatsApp Image 2024-06-06 at 14.31.44

Nurseni Yulianti : Kuliah di SiberMu Bisa Mendukung Hobi Literasi

Saya terjun di dunia literasi sejak 2019, dan berkuliah di SiberMu ini sangat mendukung hobi saya, khususnya di Administrasi Kesehatan sendiri saya jadi terbiasa menyusun laporan dengan baik. Beberapa mata kuliah di sini juga dosennya masyaAllah mampu menjelaskan dengan apik, jadi semakin bisa mendukung hobi saya,”

 

Nurseni Yulianti, atau yang kemudian akrab di panggil sebagai Nurseni ataupun ustadzah Nurseni adalah salah satu mahasiswa Program Studi Administrasi Kesehatan (AdminKes) Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMu) yang berhasil meraih juara 2 Duta Baca Dewasa Kabupaten Bandung Tahun 2024 pada Sabtu (25/5). Ajang bergengsi ini merupakan ajang tahunan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bandung dengan tujuan memberikan apresiasi kepada penggiat literasi khususnya diusia dewasa. 

Nurseni berhasil meraih juara 2 bukan tanpa sebab, selain tahapan seleksi yang meliputi penilaian video profil, hingga wawancara, ia berhasil karena kecintaannya pada dunia literasi, ia pun kerap kali mengikuti kegiatan di bidang ini. Tercatat setidaknya ada puluhan kegiatan ataupun ajang bergensi yang diikutinya, baik tingkat daerah hingga nasional. Selain itu, ia pun telah menerbitkan 11 buku fisik, sebuah pictbook, dan tiga (3) buku di aplikasi online. 


“Kalau motivasi utama saya jelas ingin menebarkan manfaat melalui tulisan, atau bisa dikatakan dakwah melalui tulisan. Untuk tema saya banyak mengambil tema ibu dan anak dengan alasan madrasah pertama bagi anak adalah seorang ibu. Hakikatnya menjadi seorang ibu adalah perjalanan menuliskan sejarah bagi anak kita. Bukan hanya untuk anak nasab saja melainkan juga bisa menjadi ilmu manfaat bagi anak-anak yang lainnya. Nah saya tentunya berharap bisa menjadi langkah kecil untuk menyiapkan generasi penerus yang lebih baik,” tutur Nurseni. 

Selain berkuliah di SiberMu, Nurseni juga merupakan salah satu ustadzah Pondok Pesantren Baiturrahman, Ciparay, Bandung sebagai staff bidang kesehatan pesantren. Kesehariannya, ia banyak memberikan motivasi di dunia literasi untuk lingkungannya. Ia pun menuturkan bahwa dengan berkuliahnya di Program Studi Administrasi Kesehatan Universitas SiberMu mampu menunjang hobinya di dunia literasi. Banyak hal yang telah ia pelajari, khususnya beberapa mata kuliah umum seperti Bahasa Indonesia. 

 

“Saat ini saya sedang proses menulis pictbook, untuk temanya adalah petualangan sehat bersama binatang. Sebenarnya pictbook ini terinspirasi dari mata kuliah pendidikan kesehatan masyarakat yang ada di Prodi Administrasi Kesehatan,” ungkap Nurseni Yulianti. 

Bagi Nurseni sendiri, literasi digital bukan lagi sebuah pilihan namun sudah sebagai kebutuhan. Dengan literasi digital yang baik, seseorang mampu memilah informasi yang valid dari sebuah berita, meningkatkan produktivitas, hingga menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. 

“Untuk siapapun yang mempertimbangkan akan melanjutkan pendidikan, siberMu adalah pilihan yang tepat. Dengan biaya kuliah yang terjangkau, tetap bisa mendapatkan pendidikan berkualitas tinggi dan ilmu pengetahuan yang keren banget. Dibimbing oleh dosen-dosen yang luar biasa, sangat profesional dan tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan, tetapi juga menginspirasi kami sebagai mahasiswa,” pungkas Nurseni. Desy-doc

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *