Cover-PBMU

Babak Baru SiberMu : PBMU untuk Menjawab Tantangan Zaman Digital

Sukses menyelenggarakan perkuliahan berbasis Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), Universitas Siber Muhammadiyah (SiberMu) memulai babak baru dengan pelaksanaan Proyek Berbasis Masyarakat Universitas (PBMU) pada Rabu (29/5) hingga Sabtu (1/6) secara daring melalui platfrom ZOOM Meeting. Agenda ini diikuti oleh siswa dari Pondok Pesantren Al-Mumin Muhammadiyah Tembarak (Ponpes Al Matera), Temanggung, Jawa Tengah.

PBMU ini merupakan program alternatif Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa SiberMu. Adanya kegiatan ini juga menjadi langkah konkrit dalam menjawab tantangan sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dialami oleh masyarakat. Konsep PBMU sendiri mengkombinasikan antara teknologi dan sumber daya manusia yang ada di universitas.

“Jadi karena SiberMu ini adalah salah satu universitas berbasis Pendidikan Jarak Jauh, seluruh kegiatan perkuliahan full online, jadi kegiatan PBMU ini semacam KKN kalau di kampus konvensional. Keseluruhan sistemnya hampir sama, ada dosen pembimbing, ada materi yang akan disampaikan juga, hanya saya materi tersebut akan dilaksanakan secara daring melalui ZOOM. Untuk materi yang akan diberikan nanti beragam dan penting untuk menjawab tantangan zaman digital,” tutur Rina Eka Widjayanti, S.E., M.M selaku dosen pembimbing kali ini.

Dalam agenda PBMU pertama kali ini mengangkat tema Peningkatan Skill Berbasis Digital di Ponpes Al Matera (Al – Mumin Muhammadiyah Tembarak) dan akan diikuti oleh delapan (8) orang mahasiswa SiberMu dengan satu orang dosen pembimbing. Dalam pelaksanaannya, akan ada berbagai materi diantaranya adalah pelatihan UI/UX, penggunaan platform Canva, desain videografer untuk konten kesehatan, pelatihan dasar jurnalistik dan etika penulisan konten, hingga perencanaan keuangan untuk konten digital.

Menggandeng Ponpes Al Matera sebagai target peserta bukan tanpa alasan, selain guna mempersiapkan siswa-siswi untuk memasuki era digital, keberadaan Ponpes Al Matera sebagai salah satu pondok pesantren berbasis Muhammadiyah juga menjadi pertimbangan. Hal ini juga diperkuat dengan ungkapan Herry Rusmanto, M.M selaku Kepala Sekolah Al Mumin Muhammadiyah Tembalang.

“Adanya kegiatan ini saya sangat berterima kasih kepada Universitas Siber Muhammadiyah yang telah memberikan pelatihan kepada anak-anak kami. Kami rasa materi yang akan diberikan juga sangat match dengan pendidikan anak-anak kami, karena di sini konsentrasinya itu ada Desain Komunikasi Visual (DKv) dan Teknik Grafika. Kami juga berharap anak-anak kami dapat belajar dengan baik dan bisa dikembangkan di kemudian hari,” tutur Herry Rusmanto, M.M dalam sambutannya.

Kegiatan hari pertama diisi dengan penjelasan seputar desain grafis menggunakan platform Canva. Dalam sesi ini dijelaskan terkait pengertian, manfaat, hingga tutorial menggunakan platform ini. PBMU kali ini dapat dikatakan berjalan dengan lancar dan penuh antusiasme dari seluruh peserta. Sesi diskusi juga berjalan dengan baik. Pihak Ponpes Al Matera sendiri berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya berjalan satu kali, namun juga bisa dilanjutkan dalam berbagai kegiatan lainnya. Desy-doc

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *