_DSC9977

Benchmarking Excellence: Universitas Siber Muhammadiyah Gali Best Practices dalam Kegiatan Benchmarking Bersama Universitas Siber Asia

Jakarta, 17 November 2023 – Program Studi S1 PJJ Sistem Informasi, S1 PJJ Informatika, dan S1 PJJ Hukum SiberMu sangat concern dengan dalam pengembangan mutu dan keunggulan akademik melalui pelaksanaan kegiatan benchmarking bersama dengan institusi mitra yaitu Universitas Siber Asia (UNSIA) pada 17 November 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk mendalami praktik terbaik dan strategi inovatif yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi jarak jauh di Indonesia.

Selama kegiatan benchmarking ini, delegasi dari Universitas Siber Muhammadiyah, yaitu Latifah Iriani, S.Kom., M.Kom., CSA dan Ridho Surya Kusuma S.T., M.Kom., CSA perwakilan dari S1 PJJ Informatika; Muhammad Rosidin, S.Kom., M.Kom., CSA dan Wicaksono Yuli Sulistiyo, S.Kom., M.Kom., CSA perwakilan dari S1 PJJ Sistem Informasi; dan Dinda Riskanita, S.H., M.H dan Afriansyah Tanjung, S.H., M.Kn., CSA selaku perwakilan Program Studi S1 PJJ Hukum berkolaborasi dengan tim representatif dari institusi mitra yaitu UNSIA yang diPimpin oleh Dr. Ucuk Darusalam, ST., MT selaku Wakil Rektor I Bid. Akademik, Kemahasiswaan & PPkM dengan didampingi oleh Jajaran Pimpinan Unit, Lembaga dan Biro di Lingkungan Universitas Siber Asia, turut hadir Muhammad Ikhwani Saputra, S.Kom., M.Kom selaku Kepala BAA; Abdul Rahman, S.E., M.Ak selaku Badan Penjaminan Mutu; Novi Dian Nathasia, S.Kom., MMSI selaku Kepala BPPTI & PMB; Dian Metha Ariyanti, S.Sos., M.Si selaku Kepala Biro Kemahasiswaan & Kerjasama Internasional dan Tri Darma; Adinda Arifiah, S.I.Kom., M.I.Kom selaku Kepala LPPM; Ir. Henny Yulianti, M.M., M.Kom selaku Kepala Program Studi Informatika; Syahid Abdullah, S.Si., M.Kom selaku Sekretaris Program Studi Informatika; dan Fesa Asy Syifa Nurul Haq, S.Kom, MMSI selaku Plt. Kepala Program Studi Sistem Informasi, untuk melakukan berdiskusi dan analisis mendalam terhadap berbagai aspek kinerja institusional. Fokus utama melibatkan tiga pilar utama, yaitu pengajaran dan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan Benchmarking yang dihadiri oleh pimpinan dan staf akademik UNSIA

 

Proses benchmarking ini juga melibatkan kunjungan langsung ke fasilitas dan lingkungan belajar Universitas Siber Asia, serta pertemuan dengan staf akademik dan pimpinan universitas. Diskusi intensif, lokakarya, dan pertukaran gagasan menjadi bagian integral dari kegiatan ini, memungkinkan kedua belah pihak untuk saling belajar dan berbagi pengalaman.

 

Proses benchmarking ini juga melibatkan kunjungan langsung ke fasilitas dan lingkungan belajar Universitas Siber Asia, serta pertemuan dengan staf akademik dan pimpinan universitas. Diskusi intensif, lokakarya, dan pertukaran gagasan menjadi bagian integral dari kegiatan ini, memungkinkan kedua belah pihak untuk saling belajar dan berbagi pengalaman.

 

Prof. Jang Youn Cho, Ph.D., CPA, Rektor Universitas Siber Asia menyatakan, “Kami sangat bersemangat melibatkan diri dalam kegiatan benchmarking ini dengan Universitas Siber Muhammadiyah. Prof. Jang Young menjelaskan bahwa UNSIA memiliki tujuan yang sama dengan. SiberMu untuk terus meningkatkan standar kualitas pendidikan tinggi, dan ini adalah langkah konkret menuju pencapaian itu. Melalui pertukaran informasi dan ide, kami yakin dapat mengimplementasikan perubahan positif di kedua belah institusi baik UNSIA dan SiberMu.

Dosen-dosen dari S1 PJJ Hukum, Sistem Informasi, dan Informatika ketika menyimak paparan materi UNSIA
Pembahasan Jaminan Mutu dan Atmosfer Akademik UNSIA

 

Sementara itu, Dr. Ucuk Darusalam, ST., MT, juga menyambut baik kerjasama ini dengan mengatakan, “Kegiatan benchmarking ini adalah contoh nyata kolaborasi yang berpotensi menghasilkan inovasi dan kemajuan. Kami berharap bahwa hasil dari kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi kedua institusi tetapi juga menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan tinggi lainnya untuk terlibat dalam pertukaran pengalaman.”

 

Kegiatan benchmarking ini adalah salah satu langkah strategis dalam upaya Program Studi S1 PJJ Hukum, S1 PJJ Sistem Informasi dan S1 PJJ Informatika SiberMu untuk terus memperkuat fondasi akademiknya dan memberikan pengalaman belajar terbaik bagi mahasiswa. Kegiatan benchmarking ini juga mencerminkan komitmen Universitas Siber Muhammadiyah dalam menjawab tuntutan perubahan global dan mempersiapkan mahasiswa untuk masa depan yang penuh tantangan.

Serah Terima Cinderamata antara UNSIA dan SiberMu

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *