Setiap mahasiswa SiberMu yang sudah mendapatkan NIM otomatis akan mendapatkan akun Google edukasi yang berakhiran @sibermu.ac.id contohnya suryo2024010005@sibermu.ac.id. Akun ini digunakan sebagai akses seluruh aktifitas akademik di SiberMu misal akses LMS di https://solusi.sibermu.ac.id dan akses KRS di student.sibermu.ac.id.
Dikarenakan suatu hal kadang kala mahasiswa login ke perangkat baru atau browser yang baru, maka pasti akun tersebut akan memverifikasi ulang bahwa yang login betul-betul anda sebagai pemegang akun tersebut salah satunya akan memverifikasi no HP setelah dimasukkan anda harusnya akan mendapatkan kode OTP berupa SMS di no HP anda contohnya G-206473 dengan durasi waktu terbatas. Sehingga walaupun orang lain punya username dan password tidak akan bisa login, karena saat login menggunakan perangkat yang baru/login di browser baru maka akan diminta verifikasi OTP via SMS alhasil orang yg memiliki username dan password tersebut akan gagal login di akun anda. Keamanan biasanya berbanding terbalik dengan kenyamanan, semakin aman maka biasanya tidak nyaman
- Pastikan no HP anda aktif, (mungkin WA masih bisa menerima notif, tetapi lupa tidak pernah diperpanjang dengan mengisi pulsa atau paket internet maka no HP tersebut dipastikan sudah mati atau tidak bisa digunakan dan ini harus ganti no HP baru) karena kode OTP akan dikirimkan via SMS.
- Jika no HP aktif setelah dimasukkan no HPnya muncul informasi seperti di gambar 1, “Terlalu sering gagal” atau “tunggu 24 jam” atau “notifikasi lain” yang menyebabkan anda tidak bisa akses akun anda maka yang harus anda lakukan :
- Capture Screen ( CS) / Screen Shoot (SS) saat terjadi kendala
- Kontak no akademik via WhatsApp di no https://wa.me/+6285174334144 sampaikan kedalanya beserta Capture Screen ( CS) / Screen Shoot (SS) dan no HP yang akan di gunakan untuk menerima OTP dari google. PASTIKAN NO HP MASIH AKTIF (secara berkala di isi pulsa atau berkala di belikan paket Internet)
- Tunggu instruksi dari akademik, no HP anda akan dimasukkan secara manual oleh admin supaya tidak dianggap SPAM oleh google
Gambar 1. Contoh kendala akun anda gak bisa diakses, informasi yang muncul “Terlalu sering gagal” masalah ini dikarenakan kode OTP tidak diterima via SMS kode OTP tidak dimasukkan dan diulang terus, alhasil no HP tersebut dianggap spam dan harus menghubungi no akademik
Setelah dapat kabar dari akademik maka :
- silakan anda mencoba login seperti biasa, masukkan no HP yang sudah dilaporkan ke akademik jika muncul seperti gambar 2, pilih No 1 coba cara lain
Gambar 2. informasi no HP anda ditolak google
- Kemudian lihat gambar 3, pilih no 2 Get a Verification…..
Gambar 3. pilihan verifikasi login di akun google edukasi
- Maka seharusnya anda akan mendapat kode OTP via SMS, dan silahkan anda masukkan kode OTP di form yang sudah disediakan google
- maka anda sudah bisa login menggunakan akun anda seperti biasa.