WhatsApp Image 2022-08-05 at 3.33.48 PM

Memahami Akhlaqul Medsosiyah Warga Muhammadiyah

Giat workshop Humas Asosiasi Program Studi Ilmu Komunikasi (APIK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) di hari kedua (5/8/22) dibuka dengan sholat Subuh berjama’ah yang dilanjutkan dengan materi pertama yaitu Fikih Informasi dan Nilai-nilai Persyarikatan yang disampaikan oleh Majelis Pustaka dan Informasi PPM.

 

Materi diawali dengan penjelasan awal berdirinya Majelis Pustaka dan Informasi PPM yang berdiri pada tanggal 17 Juni 1920 dengan nama Bahagian Taman Poestaka. Realisasi maslahah dalam fungsi informasi ada 8 butir yaitu pengajaran/pendidikan (at-Ta’lim), pencerahan (at-Tanwir), penjelasan (at-Taudhih), pembaharuan (at-Tajdid), menasehati/penyadaran (at Wa’zhu), menguatkan (at-Tarjih), sarana dialog (Washilah al Hiwar) dan terakhir amar ma’ruf nahi munkar. Adapun nilai-nilai akhlak karimah terdiri dari jujur, adil, tabligh (wajib menyampaikan informasi yang benar), fathonah dan tawazun (netralitas dalam penyampaian dan penerimaan informasi).

 

Terkait dengan kemajuan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, Muhammadiyah tidak melarang warganya untuk menggunakan media sosial.  Namun Muhammadiyah tetap memberikan aturan-aturan dalam bermedia sosial yang tertuang dalam Akhlaqul Medsosiyah Warga Muhammadiyah yang tentunya berlandaskan akhlaqul karimah yang sesuai dengan tuntunan Al-qur’an dan sunnah Nabi. Dalam akhlaqul medsosiyah, media sosial digunakan sebagai amar ma’ruf nahi munkar (sarana dakwah); menjaga nama baik persyarikatan Muhammadiyah; dilarang keras melakukan ghibah, bullying, pornografi (kemaksiatan), menyebarkan hoax dan menyebarkan konten yang benar tetapi tidak sesuai dengan tempat atau waktunya. Selain itu warga Muhammadiyah harus bertanggung jawab baik secara personal maupun kelembagaan atas materi maupun konten yang dipublikasikan. Semua ini dilakukan oleh Muhammadiyah untuk menunjukkan bahwa Muhammadiyah bukan organisasi yang tidak mengikuti kemajuan dan perkembangan teknologi khususnya teknologi komunikasi. Bahkan APIK PTMA sangat menganjurkan agar Humas pada PTMA aktif bermedia sosial untuk mempublikasikan berbagai informasi terkait kegiatan kampus dan membranding kampus. Morez-doc

 

Info Penerimaan Mahasiswa Baru

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *