Artikel Website 1@2x

Lintas SiberMu #1: Blockchain

Pada dasarnya, blockchain adalah transaksi digital berdasarkan struktur di mana catatan setiap individu, yang disebut blok, dihubungkan ke dalam satu daftar, yang disebut rantai. Blockchain adalah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan data digital yang terhubung dengan enkripsi. Penggunaan teknologi blockchain tidak terlepas dari Bitcoin dan cryptocurrency, tetapi ada banyak sektor yang dapat mengambil manfaat dari teknologi ini.

Salah satu market Cryptocurrency. Ilustrasi oleh Unsplash

 

Dari sistem penamaannya, blockchain sendiri terdiri dari dua kata yaitu block atau rantai atau chain yang artinya kumpulan. Ini mencerminkan perilaku blockchain yang menggunakan sumber daya komputer untuk membuat blok (rantai) yang saling berhubungan dan melakukan transaksi. Blockchain adalah kumpulan catatan yang dikelola oleh sekelompok komputer yang tidak dimiliki oleh satu entitas. Blok data yang berbeda ini dilindungi oleh prinsip-prinsip kriptografi dan dihubungkan satu sama lain. Jaringan di dalamnya tidak memiliki otoritas pusat. Ini berisi catatan buku besar yang dibagikan dan tidak berubah, sehingga semua informasi yang dikandungnya terbuka untuk siapa saja bagi yang ingin melihatnya. Untuk alasan ini, semua yang dibangun di blockchain pada dasarnya transparan dan semua orangyang terlibat bertanggung jawab atas tindakan mereka. Selain itu, blockchain juga tidak memiliki biaya transaksi seperti biaya infrastruktur. Oleh karena itu, blockchain adalah cara termudah tetapi paling cerdas untuk mentransfer informasi dari A ke B secara otomatis dan aman. Blok yang terkandung di dalamnya divalidasi oleh jutaan komputer dan didistribusikan ke seluruh Internet. Blok yang divalidasi ini kemudian ditambahkan ke rantai dan didistribusikan ke seluruh jaringan khusus untuk membuat catatan dan sejarah yang unik. Misalnya, membeli tiket pesawat dari aplikasi atau website. Perusahaan kartu kredit  melakukan pemotongan untuk memproses transaksi. Dengan menggunakan blockchain, operator pesawat tidak hanya dapat menghemat biaya pemrosesan kartu kredit, tetapi juga  memindahkan seluruh proses penjualan tiket ke blockchain. Hanya dua pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut yaitu perusahaan pesawat dan penumpang. Tiket adalah blok yang dapat ditambahkan ke blockchain tiket. Sama seperti transaksi emas yang merupakan catatan unik di blockchain, ada beberapa yang bisa diverifikasi dan ada yang tidak. Blockchain yang disertakan dalam tiket juga merupakan catatan semua transaksi untuk kereta tertentu atau seluruh jaringan kereta api dan terdiri dari semua tiket yang terjual pada semua perjalanan yang dilakukan sejauh ini. Ada banyak cara untuk memanfaatkan teknologi blockchain, terutama dari sektor keuangan.

 

Info Penerimaan Mahasiswa Baru

 

Dalam industri keuangan, teknologi blockchain seperti buku besar digital yang dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja kapan saja tanpa perlu persetujuan dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Teknologi ini secara otomatis membuat semua transaksi lebih aman dantransparan, meminimalkan penyalahgunaan data seperti korupsi dan suap. Perbankan dan keuangan adalah contoh area lain di mana teknologi blockchain dapat digunakan. Tidak ada industri yang dapat mengambil manfaat dari menghubungkan ke blockchain dalam operasi bisnisnya selain bank. Lembaga keuangan biasanya hanya buka selama jam kerja dan lima hari seminggu. Teknologi Blockchain memungkinkan konsumen untuk menyelesaikan transaksi keuangan hingga 10 menit. Waktu ini biasanya diperlukan untuk menambahkan “blok” ke blockchain. Selain itu, Anda dapat melakukan transaksi berharga di akhir pekan dan hari libur lainnya. Selain itu, blockchain memungkinkan bank untuk bertukar dana lebih cepat antar lembaga keuangan. Misalnya, dalam perdagangan ekuitas, proses penyelesaian dan kliring dapat memakan waktu hingga 3 hari (atau lebih lama untuk perdagangan internasional). Artinya, uang dan saham dibekukan selama periode tersebut.

Mata uang digital Bitcoin. Ilustrasi oleh Unsplash

Penyedia layanan kesehatan dapat menggunakan blockchain untuk menjaga keamanan catatan medis pasien mereka. Setelah rekam medis dibuat, Anda dapat menyimpannya ke blockchain. Sehingga dapat memberikan bukti dan memberikan keyakinan kepada pasien bahwa rekam medis pasien tidak dapat diubah. Rekam medis yang sangat pribadi ini dapat dikodekan menggunakan kata sandi pribadi dan disimpan di blockchain sehingga hanya individu yang ditunjuk yang dapat mengakses dan mengamankannya. Penyedia layanan kesehatan dapat menggunakan blockchain untuk menjaga keamanan catatan medis pasien mereka. Setelah rekam medis dibuat, Anda dapat menyimpannya ke blockchain. Sehingga dapat memberikan bukti dan memberikan keyakinan kepada pasien bahwa rekam medis pasien tidak dapat diubah. Rekam medis yang sangat pribadi ini dapat dikodekan menggunakan kata sandi pribadi dan disimpan di blockchain sehingga hanya individu yang ditunjuk yang dapat mengakses dan mengamankannya. Wicak-doc

Referensi:
https://accurate.id/ekonomi-keuangan/blockchain-adalah/
https://money.kompas.com/read/2021/11/13/200820826/penggunaan-blockchain-selain-untuk-mata-uang-kripto-untuk-apa-saja?page=all#:~:text=Dilansir%20dari%20Investopedia%2C%20blockchain%20adalah,digunakan%20untuk%20melakukan%20pencatatan%20keuangan.
https://qwords.com/blog/apa-itu-blockchain/

 

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *