Program Studi (S1)

Hukum

Ilmu hukum adalah sebuah studi yang berpusat pada praktik hukum. Cakupannya begitu luas yang meliputi Hak Asasi Manusia, hukum kepemilikkan, kejahatan siber hingga hukum perdagangan. Ada lebih dari 500 program studi hukum di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.Hal Ini membuktikan bahwa minat untuk belajar ilmu hukum tinggi, baik jenjang S1, S2 maupun S3. Sehingga penyelenggaraan fasilitas pendidikan dituntut mengikuti perkembangan jaman dan teknologi di era revolusi industri 4.0. Pendirian program studi ilmu hukum berbasis daring menjawab kebutuhan masyarakat untuk belajar ilmu hukum secara mandiri dengan akses mudah tanpa perlu datang ke kampus. Muhammadiyah sebagai wadah pelayanan pendidikan berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mendirikan program studi hukum di Universitas Siber Muhammadiyah, yang berlandaskan nilai-nilai islami.

Gelar & Strata

S.H. - Sarjana (S1)

Profil Lulusan

Praktisi, Akademisi, Peneliti

Kenapa Kami Berbeda?

Ada pepatah mengatakan, “if you give man a fish, you give him food for a day, if you give man how to fish, you give him food for lifetime”, yang jika diartikan dengan studi hukum adalah hukum tidak hanya sekedar memberikan peraturan (fish) saja tapi juga mengajarkan klasifikasi hukum, tujuan hukum, fungsi hukum dan peranan penemuan hukum dalam pembentukkan hukum serta mahzab dalam ilmu hukum. Pada jurusan ini akan mencetak mahasiswa untuk berfikir kritis (critical thinking) berdasarkan fakta atau data yang ditemui. Secara umum, jurusan ini mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan norma-norma yang hidup di masyarakat, baik dari aspek pidana, perdata, HAN maupun HTN

Keunggulan

Menghasilkan sarjana hukum yang menjunjung tinggi nilai Islam dan Kemuhammadiyahan dengan keterampilan hukum yang fokus pada kajian hukum binsnis dan ekonomi dan keahlian kepraktisian pada profesi hukum. Serta Kurikulum yang digunakan kampus merdeka yang membuka ruang untuk pembelajaran diluar program studi dalam PT dan Pembelajaran diluar PT. Pembelajaran self-learning dan online learning dengan konsentrasi pada kajian hukum bisnis dan ekonomi. Jumlah sks 144. Menerapkan kurikulum kampus merdeka dengan adanya pilihan perkuliahan di luar prodi dalam PT dan perkuliahaan diluar PT.

Sesuai dengan Minat & Rencana Kariermu?

Bergabunglah dengan SiberMu dan kembangkan potensi yang kamu miliki
Favorit

Kurikulum Kami